Pentingnya Mainan Edukasi Kayu Bagi Tumbuh Anak-anak

mainan edukasi kayu

Bagi orang tua tumbuh kembang anak adalah salah satu hal yang begitu dinanti-nanti dan juga merupakan salah satu momen yang sangat membahagiakan. Tumbuh kembang anak hanya terjadi satu kali untuk itu sangat disayangkan bila sampai melewatkan momen tersebut. Ditambah saat ini pertumbuhan anak menjadi lebih cepat sebab peran orang tua yang sudah semakin sadar akan edukasi dan rangsangan tumbuh kembang anak sejak usia dini. Salah satu cara untuk merangsang tumbuh kembang anak bisa dilakukan dengan menggunakan media mainan. Untuk itu pada kesempatan kali ini akan coba dibahas mengenai mainan edukasi kayu beserta informasi terkait yang berhubungan dengan kebutuhan akan mainan edukasi anak dari kayu.

Peran Mainan Edukasi Kayu Untuk Tumbuh Kembang Anak

Seperti yang telah disinggung di awal bahwa mainan memiliki peran yang dapat membantu proses pertumbuhan anak. Detailnya mainan dapat memicu proses stimulasi perkembangan anak yang meliputi perkembangan fisik, psikososial, keberanian serta kemampuan berpikir atau kognitif. Walaupun terlihat simpel tetapi bila para orang tua bisa menaruh perhatian sedikit lebih banyak terhadap mainan untuk buah hati akan membuat perbedaan yang signifikan. Sebab secara tidak langsung orang tua tersebut sudah ikut berpartisipasi terhadap tumbuh kembang anak dengan pemberian mainan edukatif sejak usia dini disamping memberikan mainan yang tidak mengandung unsur edukasi.

Bagi anak-anak media mainan adalah media yang paling efektif untuk mulai mengenalkan dan meningkatkan stimulan. Menurut pakar play theraphist, mainan khususnya mainan edukatif memiliki dampak yang begitu besar untuk perkembangan anak. Diantaranya adalah melatih kemampuan motorik yang berupa rangsangan terhadap sistem motorik baik halus maupun kasar, dapat menambah wawasan anak dengan pendampingan orang dewasa misalnya saja warna, bentuk dan juga nama-nama benda. Selain itu mainan edukasi pada umumnya juga menuntut anak untuk dapat melatih konsentrasi ketika memainkannya seperti halnya puzzle kayu, rancang bangun balok, balok geometri dan lain sebagainya.

Dan belum berhenti sampai disitu mainan edukasi dari kayu masih memiliki peran lainnya yang juga tak kalah penting untuk meningkatkan daya kerja otak yaitu meningkatkan kreatifitas. Sebab pada dasarnya mainan edukasi memang dirancang sedemikian rupa hingga bisa menarik minat anak-anak untuk memainkannya dan menyelesaikannya. Sebagai contoh ketika anak bermain mainan edukasi kayu yang berupa puzzle atau balok donat, mainan-mainan tersebut akan mendorong insting anak untuk mencoba menyelesaikan tantangan dari mainan tersebut. Dengan begitu bukan hanya motorik halus yang terangsang namun juga sifat kreatifitas juga sifat keingintahuan anak akan meningkat.

Tentunya para orang tua menginginkan sesuatu yang terbaik untuk anaknya bukan? Hal tersebut sudah menjadi alasan yang kuat mengapa orang tua perlu selektif terhadap mainan yang diberikan kepada anak. Sebab sejatinya anak akan merespon hal-hal disekitar mereka sejak usia dini sekalipun, oleh karenanya memilah-milah mainan untuk anak jelas hal yang sangat perlu dilakukan. Apalagi bila orang tua menginginkan tumbuh kembang anak dapat berjalan dengan maksimal, tentu saja kesempatan emas ini tidak akan dilewatkan begitu saja. Hal itu karena orang tua bisa bahkan disarankan untuk memberikan edukasi sedini mungkin kepada anak-anak. Nah disebabkan karena usia yang masih dini para orang tua harus memberikan media yang tidak membosankan, salah satu contohnya adalah melalui media mainan.

Dengan didorong rasa keingintahuan sebagai sifat dasar anak-anak maka mereka akan mencoba mencari tahu tentang mainan balita tersebut. Jadi dapat disimpulkan bahwa mainan merupakan media yang sangat cocok sebagai pengenalan edukasi di usia dini. Ditambah dengan bahan kayu sebagai bahan dasar utamaakan memberikan rasa tenang terhadap orang tua. Sebab seperti yang kita tahu kayu dapat dikatakan lebih ramah lingkungan dan lebih friendly untuk digunakan oleh anak-anak. Apalagi saat ini sangat marak mainan yang diimpor dari luar negeri, yang mana kita tidak mengetahui bahan dasar atau bahan kimia apa yang tercampur didalamnya mengingat harganya yang cenderung miring. Walaupun tidak semuanya tapi alangkah baiknya untuk mencegah hal-hal yang mungkin dapat terjadi.

Untuk itu salah satu tindakan preventif yang dapat dilakukan oleh orang tua adalah dengan selektif memilih jenis mainan berikut dengan bahannya. Seperti yang kita tahu, kayu adalah bahan alami yang berasal dari alam sehingga tidak terdapat bahan kimia ataupun zat berbahaya yang kiranya bisa membahayakan anak. Memang pada usia anak-anak mereka masih cenderung polos, sehingga terkadang mainan bisa saja dimasukkan ke mulut jika tidak diberi pendampingan. Berdasarkan hal tersebut memberikan mainan berbahan dasar kayu akan meminimalisasi dampak bilamana sampai dimasukkan ke mulut, walaupun dari bahan apapun itu mainan tidak seharusnya dimasukkan ke dalam mulut tapi setidaknya pemilihan bahan kayu menjadi tindakan preventif menjauhkan anak dari bahan kimia berbahaya yang bisa saja terkandung dalam bahan mainan selain kayu (misalnya plastik).

Kelebihan Mainan Edukasi Kayu Lokal

Kelebihan menggunakan mainan dari bahan kayu lainnya adalah untuk melestarikan jenis mainan lokal yang semakin lama semakin memudar karena digerus zaman. Selain itu dengan menggunakan mainan kayu edukatif secara tidak langsung anak telah diberikan pelajaran untuk senantiasa menggunakan fasilitas yang disediakan oleh alam. Lebih lagi harga dari mainan edukasi kayu murah, tentunya pengeluaran keluarga akan menjadi lebih ekonomis tetapi tidak mengurangi fungsionlaitasnya. Karena saat ini sudah banyak sekali supplier-supplier yang jual mainan edukasi kayu dengan harga variatif dan berkulaitas tinggi. Jadi tidak perlu lagi ragu untuk menggunakan mainan edukatif dari kayu untuk buah hati. Nah jadi itulah sedikit informasi mengenai mainan edukasi kayu yang dapat disampaikan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu Ayah dan Bunda dalam memberikan yang terbaik untuk buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *